Lonjakan Covid-19 di Purwakarta, Tingkat Okupansi Rumah Sakit di Atas 100 Persen

Irwan Sahputra · Jumat, 11 Juni 2021 - 21:14:00 WIB
Lonjakan Covid-19 di Purwakarta, Tingkat Okupansi Rumah Sakit di Atas 100 Persen
Petugas medis memeriksa kondisi pesien Covid-19. (Foto: iNews.id/Pramono Putra).

PURWAKARTA, iNews.id - Tingkat okupansi (keterisian) rumah sakit Covid-19 dengan fasilitas tekanan negatif di Kabupaten Purwakarta sudah mencapai 103 persen. Sehingga Pemkab Purwakarta segera akan membuat rumah sakit darurat untuk pasien Covid-19.

Lonjakan kasus Covid-19 pascalibur Lebaran membuat keterisian sejumlah rumah sakit di Purwakarta penuh. Bahkan dua rumah sakit yang salah satunya Rumah Sakit Umum Daerah Bayu ASih sudah di atas 100 persen.

Kondisi seperti ini membuat Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) Covid-19 Purwakarta kewalahan. Terlebih, banyak pasien Covid-19 dari luar Purwakarta juga dirawat di sejumlah rumah sakit yang ada. Apalagi, hari ini ada sembilan pasien Covid-19 yang meninggal dunia, empat di antaranya bukan warga Purwakarta. 

Untuk itu, GTPP Covid-19 akan membuat rumah sakit darurat Covid-19 di Puskesmas Purwakarta kota. Sementara untuk tenaga medis, GTPP akan meminta bantuan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. 

"Puskesmas Purwakarta Kota untuk sementara tidak melayani pengobatan masyarakat selain Covid-19. Rumah sakit darurat ini akan difungsikan hari Sabtu besok atau Minggu lusa," kata Ketua GTPP Covid-19, Anne Ratna Mustika, Jumat (11/6/2021). 

Sementara itu, akibat lonjakan pasien Covid-19, GTPP dengan pihak rumah sakit hanya akan merawat yang bergejala sedang dan berat. Untuk orang tanpa gejala di wisma isolasi yang sudah disediakan Pemkab Purwakarta. 

Editor : Asep Supiandi