Libur Tahun Baru, Okupansi Hotel dan Penginapan Tak Sesuai Harapan

Adi Haryanto ยท Jumat, 31 Desember 2021 - 20:15:00 WIB
Libur Tahun Baru, Okupansi Hotel dan Penginapan Tak Sesuai Harapan
Tingkat okupansi hotel di Bandung Barat tidak sesuai harapan saat libur Tahun Baru. (Foto: Ilustrasi)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Okupansi hotel dan penginapan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada libur Tahun Baru ini tidak sesuai dengan harapan. Bahkan tingkat huniannya cenderung menurun jika dibandingkan pekan lalu saat libur Natal.

Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB, pada 25-26 Desember 2021 atau masa libur Natal, okupansi hotel tembus hingga 40,83 persen. Sementara untuk periode 31 Desember hingga 1 Januari 2022, okupansi hanya 32,81 persen.

"Dari data yang kami terima okupansi hotel di saat libur Tahun Baru ini hanya 32,81 persen, masih minim dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan," kata Kepala Bidang Pariwisata, Disparbud KBB, David Oot, Jumat (31/12/2021).

Dia menyebutkan, untuk di KBB jumlah total penginapan ada 89 unit, sedangkan hotel ada 8. Namun rata-rata okupansi jelang libur Tahun Baru ini hanya 32,81 persen. Data aktual dan terbaru itu diperolehnya dari pihak Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) KBB.

Salah satu faktor yang memengaruhi menurunnya okupansi hotel tersebut karena wisatawan dari luar daerah, terutama Jakarta sudah mulai berkurang akibat adanya Covid-19 varian baru yakni Omicron. Selain itu juga sudah banyak warga yang berwisata lebih awal.

"Mungkin ada kekhawatiran karena Omicron yang sekarang terus bertambah. Sementara wisata KBB ini kan mengandalkan kunjungan wisatawan dari Jakarta," ujarnya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: