Libur Panjang, 5 Wisatawan yang Berkunjung ke Bogor dan Cimahi Positif Covid-19

Agus Warsudi ยท Jumat, 06 November 2020 - 11:21:00 WIB
Libur Panjang, 5 Wisatawan yang Berkunjung ke Bogor dan Cimahi Positif Covid-19
Foto/SINDOnews/Ilustrasi

BANDUNG, iNews.id - Lima wisatawan yang berkunjung ke Jawa Barat pada libur panjang beberapa waktu lalu, dipastikan positif terpapar Covid-19 berdasarkan swab test. Kelima pasien positif itu kini tengah menjalani isolasi mandiri.

"Dari 408 wisatawan yang reaktif berdasarkan rapid test, ternyata ada yang positif. Ke-408 orang reaktif tersebut langsung dites swab. Hasilnya, dari 408 itu, lima positif (terpapar Covid-19)," kata Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Daerah Provinsi Jabar Daud Achmad di Gedung Sate Bandung melalui video conference, Jumat (6/11/2020).

Daud mengemukakan, lima wisatawan yang positif itu ditemukan di Bogor dan Cimahi. Saat ini, kelima wisatawan yang positif Covid-19 tersbeut, telah menjalani isolasi dan ditangani Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten dan kota setempat. "Jadi dari 408 itu hanya 1,2 persen yang hasil tes swab-nya positif," ujar dia.

Selama libur panjang dari Rabu 28 Oktober hingga Sabtu 31 Oktober 2020, tutur Daud, Satgas Covid-19 Jabar dan seluruh satuan tugas di kota dan kabupaten menggelar rapid test acak terhadap wisatawan dan pendatang dari luar kota.

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya deteksi dini penularan virus Corona. Tes acak tersebut digelar di 15 kabupaten dan kota dengan menyasar sekitar 54 titik, terutama kawasan wisata yang banyak dikunjungi pelancong.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: