Libur Hari Natal, Lalu Lintas di Lembang Macet

Yuwono ยท Rabu, 25 Desember 2019 - 11:08 WIB
Libur Hari Natal, Lalu Lintas di Lembang Macet
Macet ke Arah Lembang (Foto: iNews/ Yuwono)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Libur hari raya Natal dimanfaatkan warga untuk berwisata di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (Jabar). Banyaknya warga yang ingin berlibur menyebabkan volume lalu lintas meningkat dan macet.

Polisi sempat memberlakukan sistem satu arah atau one way di beberapa titik yang menuju lokasi wisata di Lembang. Sistem one way sempat diberlakukan di pertigaan Beatrix, Lembang.

Petugas juga memberlakukan rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan arus yang menuju ke Kota Bandung atau Tol Jakarta diarahkan ke Jalan Cisarua. Lalu kemudian tembus Jalan Sersan Bajuri dan Padalarang.

"Saat ini situasi lalu lintas, beberapa wisata yang ada di Lembang sudah penuh," kata KBO Lantas Polres Cimahi Iptu Duddy Iskandar, Rabu (25/12/2019).

Polisi mengimbau agar para wisatawan menggunakan jalur alternatif seperti di Jalan Dago, Puncrut, Kolmas, maupun Subang. Kemacetan diprediksi akan terus berlangsung pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Apabila ada kepadatan, kita alihkan," ucap Duddy.

Sementara itu, Polrestabes Bandung juga meningkatkan keamanan saat libut Nataru. Pihaknya ingin mengantisipasi potensi gangguan keamanan saat momemn libur ini.

"Kita sudah sebar yah personel. Baik dengan pengamanan terbuka dan pengamanan tertutup," kata Widodo saat ditemui di Mapolrestabes Bandung, Rabu (25/12/2019).

Polisi melakukan patroli di tiap titik-titik rawan. Setidaknya ada 32 petugas yang disebar di seluruh titik-titik ramai.

"Kita juga kan sudah bangun pos PAM sebanyak 32 yang di sebar di seluruh titik ramai," katanya.

Widodo juga mengatakan jajaran Satlantas Polrestabes Bandung telah berkordinasi dengan Polres wilayah Cimahi untuk pengaturan lalu lintas. Hal itu untuk mengatisipasi kepadatan di Lembang.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq