Hujan Deras di Lembang Bandung, 3 Rumah Rusak akibat Longsor

Yuwono ยท Rabu, 18 Desember 2019 - 12:34 WIB
Hujan Deras di Lembang Bandung, 3 Rumah Rusak akibat Longsor
Rumah longsor di Lembang, Rabu (18/12/2019) (Foto: iNews/ Yuwono)

BANDUNG, iNews.id, - Hujan deras melanda kawasan Lembang, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (Jabar). Imbas dari hujan deras tersebut, tiga rumah longsor dan 12 lainnya harus dikosongkan.

Kawasan itu dilanda hujan deras pada Selasa (17/12/2019) malam. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tanah longsor yang menimpa kawasan tersebut.

Kapolsek Cililin AKP Caca Supriatna mengatakan ada 12 rumah yang harus dikosongkan karena terancam longsor. Warga sudah diimbau untuk pindah dari sekitar lokasi tanah yang mengalami longsor.

“Ada kejadian tanah longsor, setelah itu sudah ada 12 rumah yg dalam keadaan bahaya. Longsor sekitar 5-10 meter,” ucap Caca, Rabu (18/12/2019).

Korban akibat longsor juga sudah diungsikan di rumah saudara atau tertangga terdekat. Polisi mengimbau warga selalu mewaspadai setiap hujan deras.

“Yang kami lakukan adalah memindahkan korban ke sanak saudara yang terdekat, atau tetangga yang bersedia menampung,” kata Caca.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaporkan banjir menerjang lima kecamatan di Kabupaten Bandung akibat hujan deras sejak sejak Selasa (17/12/2019) siang. Banjir terparah di Kecamatan Dayeuhkolot dengan ketinggian air hingga 1,5 meter.

Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Provinsi Jabar Budi Budiman Wahyu mengatakan, lima kecamatan yang diterjang banjir yakni, Kecamatan Ciparay, Kecamatan Dayeuhkolot, Kecamatan Baleendah, Kecamatan Bojongsoang dan Kecamatan Banjaran.

“Hingga Rabu pagi ini, banjir masih merendam wilayah lima kecamatan di Bandung,” kata Budi Budiman Wahyu.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq