Lantai Rumah Warga Cisarua KBB Ambles dan Dinding Retak seusai Diguyur Hujan Deras

Adi Haryanto ยท Jumat, 15 Juli 2022 - 09:32:00 WIB
Lantai Rumah Warga Cisarua KBB Ambles dan Dinding Retak seusai Diguyur Hujan Deras
Kondisi rumah milik Rohman di Kampung Tugu RT 03/08 Desa Tugumukti, Kecamatan Cisarua, KBB, yang ambles setelah kawasan tersebut diguyur hujan deras. (Foto/Dok.Warga)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Bandung Barat (KBB), memicu peristiwa tanah ambles di Kampung Tugu RT 03/08 Desa Tugumukti Kecamatan Cisarua, KBB. Akibat peristiwa ini mengakibatkan salah satu rumah warga milik Rohman (52) mengalami kerusakan. 

Lantai ruang tengah rumah Rohman mendadak ambles dan dinding retak-retak. "Tanah ambles terjadi karena hujan deras yang menerjang kawasan tersebut sejak siang hari," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB Duddy Prabowo, Kamis (14/7/2022).

Duddy menyatakan, peristiwa itu terjadi pada Rabu (13/7/2022)!sekitar pukul 21.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini karena saat bencana terjadi, empat orang penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri. "Korban jiwa tidak ada, hanya kerugian material saja karena penghuni rumah berhasil menyelesaikan diri," ujar Duddy.

Menurut Kepala BPBD KBB, saat ini tanah ambles tersebut sudah ditangani petugas dan warga setempat. BPBD KBB juga telah melakukan assesment dan melakukan evakuasi material tanah agar bisa dilakukan penanganan termasuk menghindari adanya bencana susulan. "Kami berkoordinasi dengan aparat kewilayahan dan menimbun lantai yang ambles," tuturnya.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: