Kolam Retensi Pasirkaliki Dibangun untuk Antisipasi Banjir di Kota Bandung dan Cimahi 

Arif Budianto · Rabu, 17 November 2021 - 21:29:00 WIB
Kolam Retensi Pasirkaliki Dibangun untuk Antisipasi Banjir di Kota Bandung dan Cimahi 
Wali Kota Bandung Oded M Danial mengendalikan backhoe saat ground breaking pembangunan kolam retensi Pasirkaliki, Kota Cimahi. (Foto: Humas Pemkot Bandung)

BANDUNG, iNews.id - Kolam retensi Pasirkaliki, Kota Cimahi mulai dibangun, ditandai dengan ground breaking oleh Wali Kota Bandung Oded M Danial, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, dan pelaksana tugas (plt) Wali Kota Cimahi Ngatiyana, Rabu (17/11/2021). Embung atau tempat penampungan air ini dibangun untuk mengantisipasi banjir di Kota Bandung dan Cimahi.

"Pembangunan kolam retensi ini bisa mengurangi banjir di Kota Cimahi, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung. Kami sangat mengapresiasi kerja sama yang sudah dirintis oleh Pemkot Bandung dan Cimahi," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat Dikky Achmad Sidik, Rabu (17/11/2021).

Menurut Dikky, kolam retensi ini juga bisa difungsikan cukup banyak, seperti bagian dari konservasi mau pun rencana air baku. Sehingga akan menjadi multifungsi di dalam infrastruktur sumber daya air.

"Ke depannya kita sama-sama berkolaborasi. Utamanya kami mendorong BBWS untuk bisa menyelesaikan pembangunan kolam retensi ini. Sehingga dapat berfungsi maksimal, optimal, di samping sebagai pengelolaan banjir dan penyediaan air baku," ujarnya.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: