Kisah Pencipta Wayang Cilukba, Korban PHK Bertahan Hidup saat Pandemi

Yuwono Wahyu ยท Sabtu, 24 Juli 2021 - 22:14:00 WIB
Kisah Pencipta Wayang Cilukba, Korban PHK Bertahan Hidup saat Pandemi
Rasdi sedang merangkai beberapa bagian wayang cilukba. (Foto: iNews/Yuwono Wahyu)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Rasdi, warga Desa Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), patut menjadi contoh. Dia tak banyak mengeluh meski jadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi Covid-19.

Ketika pandemi Covid-19 melanda, hotel tempat Rasdi bekerja terpaksa tutup lantaran sepi tamu yang menginap. Rasdi yang kehilangan mata pencarian tetap ini, tak lantas terpuruk.

Dia berusaha bangkit, memutar otak, dan memeras tenaga untuk bertahan hidup bagi keluarganya. Suatu ketika, Rasdi melihat limbah kayu dan kain yang bisa dimanfaatkan. Berbekal keterampilannya mengukir kayu, Rasdi pun mencoba membuat wayang.

Hasil kreasinya itu dipasarkan secara online. Tak disangka, wayang dari limbah itu laku. Pesanan pun berdatangan. Rasdi pun semakin bersemangat untuk membuat kerajinan wayang. Dia memberi nama karyanya wayang cilukba. Lucu bukan.

Nama wayang cilukba disematkan untuk karya Rasdi, karena wajah wayang bisa bersembunyi di dalam bagian sarung berbentuk kerucut. Saat ditarik ke bawah, wajah bayang tersembunyi. Saat dilepas, wajah wayang muncul kembali, sambil teriak, ciluk ba!!! 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2