Kisah Korban Terjebak Pinjol Ilegal, Berawal Tak Sengaja Klik Laman Pinjaman hingga Diteror

Antara ยท Sabtu, 16 Oktober 2021 - 04:50:00 WIB
Kisah Korban Terjebak Pinjol Ilegal, Berawal Tak Sengaja Klik Laman Pinjaman hingga Diteror
Ilustrasi, mural pinjaman online (pinjol). (Foto: Dok. Sindo Media).

Pengalaman terjebak pinjol juga disampaikan oleh Rijal FR. Dia sempat memutuskan untuk pindah rumah dari Bandung ke kawasan desa terpencil di kawasan Cianjur karena teror dan denda dari pinjol yang terus membesar.

Alasan dia saat mengajukan pinjaman online karena persyaratan yang mudah dan tanpa jaminan. Kemudahan ini membuat dia meminjam sejumlah uang ke tujuh pinjol.

Padahal, kata dia pinjaman yang diajukan tidak besar, Rp1-2 juta. Dia kemudian harus menanggung utang hingga Rp30 juta dari tujuh pinjol karena telat membayar.

Menurutnya, di balik kemudahan tersebut tersimpan teror yang menakutkan jika telat melakukan pembayaran. Dia mencontohkan, pinjaman Rp1 juta jika telat membayar dalam jangka satu hari dikenai denda hingga Rp100.000 per hari.

Selain itu, dia tidak berani pulang ke rumah karena terus didatangi oleh sejumlah orang perwakilan pinjol. Selain harus membayar pinjaman serta denda, tekanan psikis juga dirasakan olehnya.

Atas pengalaman pahit tersebut, dia berpesan kepada warga lainnya untuk tidak pernah berurusan atau meminjam uang di pinjol meskipun dalam kondisi terdesak.

Editor : Kurnia Illahi

Bagikan Artikel: