Khawatir Covid-19 Meluas, Sekda KBB Instruksikan Warga Cibogo Tak Bandel

Adi Haryanto ยท Jumat, 04 Juni 2021 - 18:16:00 WIB
Khawatir Covid-19 Meluas, Sekda KBB Instruksikan Warga Cibogo Tak Bandel
Sekretaris Daerah (Sekda) KBB, Asep Sodikin, menyampaikan kekhawatirannya kasus Covid-19 meluas di Desa Cibogo, Lembang. (Foto: MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Bertambahnya jumlah warga yang dinyatakan positif Covid-19 di Kampung Ciburial RW 03, Desa Cibogo, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), membuat Pemkab Bandung Barat khawatir. Apalagi selang dua hari jumlah warga yang terpapar sudah menyentuh angka 26 orang. 

Itu pun ada kemungkinan bisa bertambah mengingat pihak puskesmas terus melakukan tracing kepada kontak erat. 

"Atas kejadian itu, kami berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 desa untuk bagaimana mengatasinya dan juga mengantisipasi agar jangan terus bertambah lagi," kata Sekretaris Daerah (Sekda) KBB, Asep Sodikin saat ditemui di Cipada, Cikalongwetan, Jumat (4/6/2021).

Pihaknya juga sudah memerintahkan agar warga yang terpapar melaksanakan karantina atau isolasi mandiri dengan pengawasan dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas setempat. Warga yang terpapar harus mau dikarantina dan jangan sampai tetap beraktivitas. 

"Sesuai dengan SOP, pasti itu harus segera dikarantina. Mereka harus dikarantina dulu semuanya, jangan bandel," ujarnya.

Nantinya, kata dia, petugas surveilans dari Dinkes, tim Satgas Covid-19 desa dan Puskesmas setempat akan melakukan tracing kepada kontak erat dan keluarga terdekat. Ini dikarenakan saat ini masih penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2