Kesadaran Warga Purwakarta Masih Rendah, Kerap Berkerumun di Masa Pandemi

Irwan Sahputra · Senin, 21 Juni 2021 - 08:57:00 WIB
Kesadaran Warga Purwakarta Masih Rendah, Kerap Berkerumun di Masa Pandemi
Petugas gabungan membubarkan kerumunan warga di Jalan Sudirman, Purwakarta. (Foto: iNewsTv/Irwan Sahputra)

PURWAKARTA, iNews.id - Kesadaran sebagian warga Purwakarta untuk mencegah penularan Covid-19 relatif masih rendah. Mereka kerap berkerumun di sejumlah tempat meski harus berkali-kali dibubarkan oleh tim gabungan Satgas Covid-19 setempat.

Malam tadi, petugas kembali harus membubarkan kerumunan warga di beberapa lokasi, salah satunya di sepanjang Jalan Sudirman. Di lokasi itu terdapat banyak kafe, angkringan serta tempat nongkrong anak muda lainnya yang melanggar jam operasional. 
 
Petugas sempat pula memberikan peringatan keras terhadap pedagang yang membandel. Bahkan petugas langsung menutup lapak pedagang kaki lima dan menyita tikar lesehan milik pedagang. Sebelumnya pedagang ini tak menerima pembelinya dibubarkan serta usahanya ditutup. 

"Razia dan pembubaran kerumunan malam tadi dilakukan karena masih banyak tempat makan kafe, angkringan dan kaki lima yang melanggar jam operasional," kata Kabid Trantim Satpol PP Purwakarta, Teguh Juarsa, Senin (21/6/2021). 

Menurutnya, angka kasus Covid-19 di Purwakarta sendiri sedang mengalami lonjakan cukup tinggi. Sehingga untuk menekan penyebaran Covid-19, tim satgas mengeluarkan surat edaran pembatasan kegiatan masyarakat. Salah satunya membatasi jam beroperasi usaha hingga pukul 21.00 WIB. Hal ini agar tidak mengundang kerumunan. 

Sementara itu, dalam razia tersebut petugas juga menemukan sekelompok pemuda yang sedang pesta miras. Selain menyuruh mereka bubar, para  petugas juga menyita sejumlah botol minuman keras. 

Rencananya kegiatan razia yustisi dan kerumunan akan terus dilakukan secara rutin selama pandemi masih ada.

Editor : Asep Supiandi