Ruang Perawatan di Jabar Menipis, Angka BOR Purwakarta Kritis 

Arif Budianto · Minggu, 20 Juni 2021 - 19:42:00 WIB
Ruang Perawatan di Jabar Menipis, Angka BOR Purwakarta Kritis 
Petugas medis di ruang isolasi pasien Covid-19. (Foto: Istimewa).

BANDUNG, iNews.id - Pasien Covid-19 di Jawa Barat hingga hari ini tercatat terus bertambah. Akibatnya, keterisian tempat tidur (BOR) di Jawa Barat terus menipis dan kritis

Tercatat ada lima daerah di Jawa Barat dengan angka BOR rumah sakit yang sudah sangat minim. Dari lima daerah itu tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit di Kabupaten Purwakarta termasuk kritis.

Menurut Ketua Harian Satgas Covid-19 Jawa Barat, Daud Achmad, saat ini ada lima daerah dengan angka BOR yang cukup kritis, atau nyaris penuh. Yaitu Kabupaten Purwakarta 95,5 persen, Kabupaten Majalengka 93,2 persen, Bandung Barat 90,4 persen, Kabupaten Bandung dan Kota Bandung pada kisaran 88 persen.

"Yang cukup mengkhawatirkan BOR di Kota Bandung yaitu sudah sampai 88 persen. Namun dari jumlah itu, 66 persen pasien diisi oleh warga luar Kota Bandung," kata Daud sebagaimana dikutip dari kanal YouTube Pusdalops BNPB dalam rakor Satgas Covid-19, Minggu (20/6/2021).

Saat ini, kata dia, total tempat tidur untuk pasien Covid di rumah sakit di Jawa Barat mencapai sekitar 14.000 tempat tidur. Jumlah itu ditopang oleh sekitar 382 rumah sakit yang tersebar di kota dan kabupaten di Jawa Barat. Dari 382 rumah sakit, terdapat 54.458 tempat tidur. 

"Kami akan konversi atau penambahan tempat tidur kudus pasien Covid sebanyak 2.227 unit. Di mana setiap rumah sakit di Jawa Barat tanpa terkecuali harus menyiapkan 30 hingga 40 persen kapasitasnya untuk pasien Covid-19," ujar dia.

Kendati begitu, untuk menanggulangi peningkatan kasus Covid ini, pihak nya tak hanya fokus menambah kapasitas rumah sakit, tetapi juga mengambil sejumlah kebijakan. Di antaranya pengetatan pelaksanaan PPKM mikro di tingkat RT hingga pencegahan kerumunan di tingkat komunitas.

Editor : Asep Supiandi