Pasien Covid-19 Terus Berdatangan, RSUD Bayu Purwakarta Semakin Kewalahan

Irwan Sahputra ยท Rabu, 16 Juni 2021 - 10:46:00 WIB
Pasien Covid-19 Terus Berdatangan, RSUD Bayu Purwakarta Semakin Kewalahan
Petugas menyiapkan bed tambahan di tenda darurat depan IGD RSUD Bayu Asih Purwakarta. (Foto: iNewsTv/Irwan Sahputra)

PURWAKARTA, iNews.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bayu Asih Purwakarta semakin kewalahan menangani pasien Covid-19 yang terus berdatangan. Sebanyak 30 tempat tidur tambahan yang disediakan pun sudah mulai terisi penuh oleh pasien.

Keterisian penuh juga terjadi di tenda darurat yang di tempatkan persis di depan ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD). 

Terpantau, ambulans yang membawa pasien Covid 19 terus berdatangan ke RSUD Bayu Asih sejak Rabu (16/5/2021) pagi. Namun kondisi ruangan yang telah penuh, termasuk ruangan IGD membuat pasien dan keluarganya harus bersabar menunggu di luar ruangan.

Pihak rumah sakit mengaku saat ini merawat sebanyak 118 pasien Covid 19, bertambah 15 pasien dalam satu hari. Sebelumnya, rumah sakit merawat 103 pasien Covid-19. Terkait hal itu, rumah sakit sendiri telah menambah sebanyak 30 bed atau tempat tidur. Namun tetap tidak bisa menampung lonjakan pasien.  

"Saat ini ada sekitar 16 pasien yang tertahan di IGD belum bisa masuk ruang isolasi. Untuk tenda darurat sebenarnya hanya untuk pasien yang menunggu sebelum masuk ruang isolasi," kata Direktur Utama BRSUD Bayu Asih, Agung Darwis.  
 
Pihak RSUD Bayu Asih Purwakarta berharap, pemerintah desa dan kelurahan menyiapkan ruangan isolasi yang memadai agar pasien Covid-19, tidak seluruhnya dibawa ke rumah sakit. Pasalnya, selain RSUD Bayu Asih, rumah sakit lainnya yakni Rumah Sakit Abdul Radjak serta rumah sakit Siloam Purwakarta, juga dalam kondisi penuh.

Editor : Asep Supiandi