Keren, Purwakarta Bakal Jadi Pusat Distribusi Perdagangan di Jabar

Asep Supiandi ยท Kamis, 04 Maret 2021 - 12:39:00 WIB
Keren, Purwakarta Bakal Jadi Pusat Distribusi Perdagangan di Jabar
Wakil Bupati Purwakarta, H Aming, saat memantau harga sejumlah komoditas pasar beberapa waktu lalu. (Foto: Diskominfo Purwakarta)

PURWAKARTA, iNews.id - Kabupaten Purwakarta bakal menjadi pusat distribusi perdagangan (PDP), khususnya komoditas pertanian. PDP ini dibangun untuk pengendalian distribusi logistik di Provinsi Jawa Barat.

Menurut Kabid Perdagangan, Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Kabupaten Purwakarta, Wita Gusrianita, pembangunan PDP ini merupakan hajat Pemprov Jawa Barat dalam upaya pengendalian barang pokok penting berkaitan dengan komoditas pertanian. 

"Informasi yang saya terima, rencananya tahun sekarang PDP sudah mulai dibangun. PDP ini bertujuan jangka panjang untuk pengendalian distribusi logistik. Ketika distribusi barang pokok penting tidak lancar atau terjadi lonjakan harga, PDP yang akan turun tangan," kata Wita kepada MNC Portal Indonesia, Kamis (4/3/2021).

Dia menjelaskan, secara garis besar, peran PDP ini berbeda dengan pasar induk. Semua komoditas yang didistribusi tidak dijual bebas, namun menyuplai kepada distributor atau pasar-pasar yang ada, seperti Pasar Induk Cikopo. Sehingga keberadaan PDP ini bersinergi dengan pasar atau distributor yang ada, tidak menjadi pesaing.

Rencananya, kata dia, lokasi untuk PDP ini berada di Jalan Raya Sadang-Subang, tepatnya di sekitar areal balai pembibitan pertanian milik Pemprov Jawa Barat, Kecamatan Cibatu. Keberadaan PDP ini juga bisa dimaksimalkan oleh para petani sebagai penyuplai komoditas pertanian di Purwakarta.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: