Kemenkes Periksa 41 Sampel Pasien Suspek Cacar Monyet, 1 Positif Terpapar

Adi Haryanto ยท Kamis, 01 September 2022 - 09:04:00 WIB
Kemenkes Periksa 41 Sampel Pasien Suspek Cacar Monyet, 1 Positif Terpapar
Kemenkes memeriksa 41 sampel suspek cacar monyet. Dari 41 sampel itu, 1 terkonfirmasi positif terpapar. (FOTO: REUTERS)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Sebanyak 41 sampel dari pasien suspek cacar monyet atau monkeypox sudah dilakukan pemeriksaan uji klinis dengan metode Whole Genome Sequencing (WGS). Dari 41 sampel tersebut, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan satu pasien yang dinyatakan terkonfirmasi cacar monyet. 

"Sampai sekarang baru ada satu yang terkonfirmasi (cacar monyet). Kami sudah identifikasi dengan menggunakan Whole Genome Sequencing," kata Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono saat ditemui di Puskesmas Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (31/8/2022).

Dante Saksono Harbuwono menyatakan, untuk pasien yang terkonfirmasi cacar monyet tersebut sudah dilakukan penanganan intensif. Serta terus diberikan obat-obatan selama proses penyembuhan agar kondisinya dapat terus membaik. Kemudian dilakukan evaluasi setiap hari mengenai kondisinya. 

"Laporan terakhir kondisi pasien itu sudah mulai ada perbaikan klinis, setelah diberikan obat-obatan dan penanganan intensif dari tim medis," ujar Dante Saksono Harbuwono.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: