Kejar Target Penerimaan Pajak Kendaraan, Pemprov Jabar Gelar Maraton Virtual

Agung Bakti Sarasa ยท Kamis, 05 November 2020 - 15:45:00 WIB
Kejar Target Penerimaan Pajak Kendaraan, Pemprov Jabar Gelar Maraton Virtual
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menunjukkan medali JIM Virtual Run 2020. Foto/Humas Pemprov Jabar

BANDUNG, iNews.id - Pemprov Jawa Barat (Jabar) melakukan cara unik untuk mengejar target penerimaan dari pajak kendaraan bermotor di tengah pandemi Covid-19 yang dengan menggelar Jabar International Marathon (JIM) Virtual Run 2020. Ajang ini digelar sekaligus untuk menyadarkan masyarakat disiplin membayar pajak kendaraan.

Berbeda dengan ajang serupa tahun-tahun sebelumnya, ajang marathon bertajuk JIM Virtual Run 2020 yang berlangsung pada 10-22 November 2020 itu digelar secara virtual dan hanya melombakan kategori jarak 5 kilometer (km).

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, penyelenggaraan JIM tahun ketiga ini sengaja digelar virtual untuk memastikan bahwa penyelenggaraan marathon di masa pandemi Covid-19 tetap mengedepankan protokol kesehatan.

"Saya perintahkan bagaimana caranya seolah-olah (marathon), makanya virtual. Kita barengan, tapi keringatnya sama karena kita harus berkeringat sepanjang lima kilometer. Tapi karena virtual, jadi keringetannya virtual saja," kata Ridwan Kamil dalam keterangan resminya, Kamis (5/11/2020).

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu mengemukakan, uniknya, di JIM kali ini pendaftaran digratiskan. Peserta hanya cukup mendaftarkan nomor pelat kendaraan bermotor yang teregistrasi di Jabar dan sudah membayar pajak melalui laman: http://jimvirtualrun.jabarprov.go.id. Pendaftaran dibuka 4-14 November 2020.

JIM Virtual Run 2020 ini, ujar Kang Emil, merupakan hasil kerja sama Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jabar berkolaborasi dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jabar dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Tahun Provinsi Jabar dan HUT ke-100 Gedung Sate.

"Tapi tetap nanti akan ada hadiah dan medali yang didesain langsung oleh saya karena memang setiap tahun saya yang mendesain medalinya. Akhir tahun ini, kami memang cari kerja sama dengan dinas terkait, yakni Bapenda. Kami kolaborasi, maka ada persyaratan yang memang tidak ideal harusnya seluruh Indonesia dan dunia, tapi tahun ini Jawa Barat dulu virtualnya," ujar Kang Emil.

"Kemudian, karena kami (Pemprov Jabar) lagi mengejar penerimaan pajak dari pajak kendaraan bermotor, ada temanya. Jadi lari sambil mengampanyekan kedisiplinan membayar pajak kendaraan bermotor," ujar Gubernur.

Editor : Agus Warsudi