Kejar Herd Immunity, Pemprov Jabar Gandeng Ribuan Bidan Desa untuk Gencarkan Vaksinasi

Agung Bakti Sarasa · Kamis, 16 September 2021 - 12:54:00 WIB
Kejar Herd Immunity, Pemprov Jabar Gandeng Ribuan Bidan Desa untuk Gencarkan Vaksinasi
Wakil Ketua Divisi Percepatan Vaksinasi Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil saat meninjau vaksinasi massal di Graha Manggala Siliwangi, Kota Bandung, Rabu (15/9/2021). (Foto: Humas Pemprov Jabar)

BANDUNG, iNews.id - Pemprov Jawa Barat menggandeng ribuan bidan mandiri desa/kelurahan untuk mengejar kekebalan kelompok atau herd immunity yang ditargetkan tuntas Desember 2021. Mereka dilibatkan dalam menggencarkan program vaksinasi Covid-19 di masyarakat. 

Hingga saat ini, sebanyak 18,4 juta dosis vaksin dari total target 37 juta dosis telah disuntikkan kepada warga Jabar. Dibutuhkan kerja keras dan kolaborasi dengan berbagai pihak agar herd immunity dapat tercapai sesuai target. 

Dengan potensi 5.899 titik vaksinasi oleh bidan mandiri, sebanyak 206.465 orang bakal tervaksin setiap harinya dengan perhitungan seorang bidan memvaksin 35 orang per hari. Jika target ditingkatkan jadi 50 orang per hari, maka hasilnya akan lebih besar lagi. 

Wakil Ketua Divisi Percepatan Vaksinasi Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil, bidan mandiri di desa/kelurahan dapat dioptimalkan untuk mempercapat vaksinasi di Jabar. Menyuntikan vaksin ibu hamil sudah jadi rutinitas bidan mandiri, sehingga memvaksin Covid-19 bagi warga umum pun bisa.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: