Kasus Positif Covid-19 Melonjak, Purwakarta Terancam Jadi Zona Merah

Asep Supiandi · Senin, 14 Juni 2021 - 09:48:00 WIB
Kasus Positif Covid-19 Melonjak, Purwakarta Terancam Jadi Zona Merah
Ketua Harian GTPP Covid-19 Purwakarta Iyus Permana saat dalam sebuah acara penyampaian perkembangan pandemi Covid-19. (Foto: Diskominfo Purwakarta).

PURWAKARTA, iNews.id - Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Purwakarta terus melonjak hingga melewati angka 500 kasus. Jika kenaikan warga yang terpapar Covid-19 terus-terusan terjadi dan menembus 600 kasus, tidak menutup kemungkinan Purwakarta akan kembali masuk zona merah.  

Update data Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Purwakarta per tanggal 13 Juni 2021, menunjukkan jumlah terkonfirmasi positif aktif sudah mencapai 509. Dibanding hari sebelumnya, jumlah terkonfirmasi positif aktif sebanyak 385 orang. Dalam sehari terjadi penambahan sebanyak 124 orang.

"Kayaknya masih oranye, kecuali sudah di angka 600 kasus seperti pengalaman sebelumnya. Mudah-mudahan hari ini puncaknya," kata Ketua Harian GTPP Covid-19 Purwakarta, Iyus Permana, Senin (15/6/2021).

Pihaknya tidak berharap Purwakarta masuk zona merah. Berbagai upaya terus dilakukan termasuk juga menggenjot kesadaran masyarakat untuk menerapkan disiplin protokol kesehatan.

Di bagian lain, tim GTPP Covid-19 Purwakarta, Wahyu Wibisono mengatakan, untuk status Kabupaten Purwakarta dalam risiko penularan Covid-19 tergantung hasil evaluasi Satgas Provinsi Jabar.

"Belum keluar hasil evaluasi satgas provinsi, biasanya Senin jam 11-an," ujar dia.

Sementara itu berdasarkan pantauan, lonjakan kasus positif dan tingginya tingkat kematian akibat terpapar Covid-19 tampaknya tidak berpengaruh kepada sebagian masyarakat Purwakarta. Masih banyak warga yang tak memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. Sejumlah kafe juga terlihat cukup ramai, meskipun sebelumnya sempat dirazia dan dibubarkan.

Editor : Asep Supiandi