Kapolda Jabar: Tensi Hoaks terkait Vaksin Covid-19 Menurun

Agung Bakti Sarasa ยท Kamis, 28 Januari 2021 - 16:15:00 WIB
Kapolda Jabar: Tensi Hoaks terkait Vaksin Covid-19 Menurun
Info grafis terkait upaya Polri menyelidiki hoaks soal vaksin Covid-19. (Foto: iNews.id)

BANDUNG, iNews.id - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri menyatakan, tensi kabar bohong atau hoaks tentang vaksin Covid-19 yang beredar di Jabar, menurun. Meski begitu, Polda Jabar tetap melakukan pengawasan dan tidak segan-segan mengambil tindakan tegas terhadap para penyebar hoaks vaksin Covid-19.

Menurut Irjen Pol Ahmad Dofiri, satu per satu hoaks terkait vaksin Covid-19 dapat ditangkal dan tensi penyebarannya semakin menurun seiring pelaksanaan vaksinasi tahap pertama pekan lalu dan tahap kedua hari ini, Kamis (28/1/2021).

"Memang ada (berita hoaks vaksin), tapi tensinya semakin turun," kata Kapolda Jabar seusai penyuntikan kedua vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Kota Bandung, Kamis (28/1/2021).

Irjen Pol Ahmad Dofiri optimistis, keberhasilan program vaksinasi Covid-19 tahap pertama, termasuk tahap kedua bakal mengikis habis hoaks, khususnya yang kini banyak beredar di media sosial (medsos).

"Saya yakin vaksin yang pertama berhasil, yang kedua juga akan berhasil. Kiranya juga mengikis berita yang tidak bertanggung jawab (hoaks) tadi yang beredar di medsos. Kalau memang itu (hoaks) terjadi, kami tidak akan tinggal diam. Tapi tensinya memang semakin menurun," ujarnya.

Sebelumnya, Senior Fact Checker Jabar Saber Hoaks (JSH) Alfianto Yustinova mengatakan, persebaran hoaks vaksin Covid-19 tergolong cepat karena beredar melalui media sosial dan aplikasi percakapan. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: