Kak Seto Berharap Majalengka Jadi Wilayah Kelima dengan Satgas Perlindungan Anak 

Inin nastain · Jumat, 11 Maret 2022 - 18:20:00 WIB
Kak Seto Berharap Majalengka Jadi Wilayah Kelima dengan Satgas Perlindungan Anak 
Seto Mulyadi berharap besar Kabupaten Majalengka menjadi wilayah yang memiliki Satgas Perlindungan Anak. (Foto: iNews.id/Inin Nastain)

MAJALENGKA, iNews.id - Ketua Umum LPAI Seto Mulyadi menilai maraknya kekerasan terhadap anak dipicu adanya pemakluman dari lingkungan sekitar. Dia berharap, ke depan ada perubahan mindset terkait hal itu.

Pengalamannya menjadi penguji sidang doktoral salah satu perguruan tinggi (PT) di Bandung, didapat data korban bullying sudah banyak dialami anak-anak TK. Hal itu, jelas dia, tumbuh seiring dengan adanya 'permakluman' oleh masyarakat sekitar.

"Jadi kadang-kadang paradigma keliru bahwa kekerasan itu wajar, normal. Bahkan, mendidik, kalau perlu juga dengan cara kekerasan. Ini mohon diubah," kata Kak Seto saat pelantikan LPAI Majalengka, Jumat (11/3/2022). 

Alih-alih memaklumi kekerasan terhadap anak, Kak Seto berharap masyarakat bisa berperan aktif dalam upaya pencegahan praktik tersebut. Masyarakat, jelas dia, harus lebih sadar bahwa kasus kekerasan anak tidak hanya tugas dan wewenang pihak kepolisian saja.

"Tadi juga saya sudah berbicara dengan Wakil Bupati, kalau bisa mohon pelibatan masyarakat untuk perlindungan anak dimulai dari RT dan RW. Sebagai contoh, kira-kira 11 tahun yang lalu, LPAI menginisiasi adanya satgas atau seksi perlindungan anak di tingkat RT," ujar dia.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: