Kadin Jabar Sebut Banyak Sektor Usaha Belum Pulih, Minta Pemerintah Turun Tangan

Arif Budianto · Senin, 15 Maret 2021 - 17:55:00 WIB
Kadin Jabar Sebut Banyak Sektor Usaha Belum Pulih, Minta Pemerintah Turun Tangan
Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Jabar Herman Muchtar (kiri) meminta pemerintah melakukan proses pemulihan sektor usaha. (Foto: Arif budianto)

BANDUNG, iNews.id - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat menilai, saat ini masih banyak sektor usaha yang belum pulih, imbas dari perlambatan ekonomi pandemi Covid-19. Pemerintah mesti ikut turun tangan, membuat beberapa kebijakan yang dampaknya dirasakan oleh pengusaha. 

"Melihat kondisi seperti ini, seharusnya pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk mempercepat pemulihan sektor usaha," kata Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat Herman Muchtar di Bandung, Senin (15/3/2021).

Diketahui, di Jabar diperkirakan ada sekitar 2.000 industri besar yang terdampak. Puluhan ribu industri masuk kategori UMKM. Dalam catatan lain, pada periode November tahun 2020 lalu, total pekerja yang menerima kebijakan dirumahkan mencapai 80.151 orang dari 987 perusahaan yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) 19.384 orang dari 474 perusahaan. 

Perusahaan yang banyak terdampak kinerja bisnisnya akibat pandemi Covid-19 adalah sektor tekstil dan produk tekstil (TPT) 41,38 persen memberikan kebijakan merumahkan karyawan. 53,33 persen memberlakukan PHK.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: