Jokowi ke Para Rektor: Kuliah Daring Jadi Next Normal

Antara · Sabtu, 04 Juli 2020 - 13:24 WIB
Jokowi ke Para Rektor: Kuliah Daring Jadi Next Normal
Ilustrasi (Foto: Antara)

BOGOR, iNews.id - Presiden RI Joko Widodo menilai kuliah dalam jaringan (daring) atau online sudah menjadi normal baru atau bahkan normal berikutnya (next normal). Kuliah daring yang selama ini sangat lamban dijalankan, sekarang sangat berkembang.

"Kuliah daring telah menjadi new normal, bahkan menjadi next normal. Saya yakin akan tumbuh normalitas-normalitas baru yang lebih inovatif dan lebih produktif," kata Jokowi dalam peresmian pembukaan Konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) Virtual Tahun 2020 di Istana Kepresidenan RI, Bogor, Sabtu (4/7/2020).

Jokowi melanjutkan, pandemi Covid-19 telah memberikan pelajaran berharga bagi Indonesia, khususnya perguruan tinggi. Banyak hal baru yang akhirnya ditempuh perguruan tinggi agar tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19.

"Krisis telah memaksa kita untuk mengembangkan cara-cara baru, membangun norma-norma baru, serta membangun standar-standar kebaikan dan kepantasan yang baru," ucapnya.

Posisi strategis pendidikan tinggi, menurut Jokowi, dalam kondisi krisis yakni mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mencetak generasi muda yang produktif dan kompetitif. Selain mencari cara-cara baru, Presiden meminta pendidikan tinggi memberikan perhatian besar pada kesehatan fisik dan kesehatan mental mahasiswa.

Jokowi pun mengingatkan soal kampus harus memperkukuh rasa kebangsaan dan menghargai kebinekaan dalam persaudaraan dan persatuan.

"Berintegritas tinggi dan antikorupsi serta penuh toleransi dan menghargai demokrasi. Bapak/ibu orang tua mereka yang bertanggung jawab untuk masa depan mereka dan sekaligus masa depan Indonesia," katanya.


Editor : Nani Suherni