Jembatan Cimandiri Ambruk, Jalan Penghubung Cianjur-Sukabumi Terputus

Ricky Susan · Rabu, 14 September 2022 - 13:27:00 WIB
Jembatan Cimandiri Ambruk, Jalan Penghubung Cianjur-Sukabumi Terputus
Jembatan Cimandiri ambruk akibat bagian fondasi tergerus air. (Foto: iNews.id/Ricky Susan)

CIANJUR, iNews.id - Jembatan Cimandiri yang menghubungkan dua kabupaten, yakni Cianjur dan Sukabumi, ambruk. Rabu (14/9/2022) dini hari. Peristiwa itu terjadi setelah Kabupaten Cianjur diguyur hujan deras cukup lama.

Tingginya intensitas hujan membuat tanah dan fondasi jembatan yang menghubungkan Desa Cimenteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur dan Desa Caringin, Kecamatan Geger Bitung, Sukabumi itu, terseret arus air.

"Hujan terus-terusan turun sejak sore hingga malam, awalnya tanahnya tergerus. Namun, pas malam dini hari jembatan langsung terputus," kata Didin (46) salah seorang warga Kampung Patrol RT 02/02 Desa Cimenteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur.

Akibatnya, jembatan yang menjadi akses satu-satunya warga sekitar terputus dan tidak bisa dilintasi kendaraan roda empat maupun dua. Bahkan, warga yang berjalan kaki pun harus memutar arah hingga beberapa kilometer.

"Ya tidak bisa melintas, karena jembatannya cukup panjang dan airnya juga deras. Jadi para pejalan kaki juga harus memuter arah nyari jalan alternatif," katanya.

Selain itu, akibat putusnya Jembatan Cimandiri membuat perkonomian warga menjadi terhambat. "Di sini kebanyakan warganya yang berjualan dan petani juga, tapi kalau putus begini mau gimana kita tidak bisa ikhtiar," tuturnya.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: