Jembatan Beton Ambruk, Warga 1 Kampung di KBB Terisolasi

Adi Haryanto · Senin, 29 November 2021 - 15:15:00 WIB
Jembatan Beton Ambruk, Warga 1 Kampung di KBB Terisolasi
Jembatan akses antarkecamatan di KBB ambruk. Lalu lintas warga di dua desa terputus. (Foto: MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Akses pengubung antarkecamatan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) terputus. Hal itu akibat jembatan beton penghubung Desa  Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikalongwetan dengan Kampung Cibungbulang, Desa Campakamekar, Kecamatan Padalarang, ambruk. 

Terputusnya jembatan beton yang biasa dilalui warga dan motor melintas itu, rusak akibat dihantam banjir bandang aliran Sungai Cipada seusai hujan deras di wilayah tersebut. Akibatnya puluhan warga dari kedua kampung terisolasi

"Jembatan beton ini biasanya dilalui motor dan pejalan kaki, rusaknya karena banjir bandang Minggu (28/11/2021) pagi, jadi akses warga jadi terputus," kata warga sekitar, Rahmat (39), Senin (29/11/2021).

Jika warga akan berpergian dari kampung tersebut, mereka terpaksa harus turun menyusuri bebatuan di sungai apabila debit air sedang kecil. Tapi kalau air sungai sedang deras maka warga harus memilih jalan memutar sejauh sekitar 7 kilometer melintasi kampung tetangga. 

"Memang memutarnya jauh kalau buat kendaraan, tapi kalau lewat sungai berisiko juga karena takutnya ada banjir bandang tiba-tiba. Ini adalah kejadian ketiga kalinya dalam sebulan terakhir," kata dia. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: