Jelang Pilkada 2020 di Jabar, Pangdam III/Siliwangi: Jangan Ragukan Netralitas TNI

Agus Warsudi · Senin, 09 November 2020 - 18:00:00 WIB
Jelang Pilkada 2020 di Jabar, Pangdam III/Siliwangi: Jangan Ragukan Netralitas TNI
Pangdam III/SIliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto memberi sambutan dalam Rapat Persiapan 30 Hari Menjelang Pemungutan Suara Pilkada Serentak 2020 di Hotel Savoy Homan, Kota Bandung, Senin (9/11/2020). Foto/Pendam Siliwangi

BANDUNG, iNews.id - Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menyatakan, jangan meragukan tentang netralitas TNI dalam setiap pilkada dan pemilu. TNI sebagai bagian dari komponen nasional, bertugas menyelenggarakan pertahanan negara dan menjaga keutuhan wilayah NKRI.

TNI, kata Pangdam sangat berkepentingan agar Pilkada Serentak 2020 di Jawa Barat berjalan sukses, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas penyelenggaraannya.

“Sesuai tugas dan peran, TNI dalam hal ini Kodam III/Siliwangi akan selalu mendorong agar pilkada dapat dilaksanakan dalam suasana aman dan tertib. Salah satu peran yang dilakukan TNI terhadap suksesnya pilkada adalah secara konsisten tetap netral dan tidak akan berpihak kepada salah satu calon peserta Pilkada,” kata Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto saat memberikan sambutan dalam Rapat Persiapan 30 Hari Menjelang Pemungutan Suara Pilkada Serentak 2020 Jawa Barat di Hotel Savoy Homan, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Senin (9/11/2020).

Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengingatkan prajurit TNI dan Polri tidak lengah terhadap situasi menjelang Pilkada Serentak 2020 di delapan kota dan kabupaten di Jabar. Meski saat ini kondusif, tapi kewaspadaan harus terus ditingkatkan guna mengantisipasi hal-hal tak diinginkan.

Rapat ini digelar menjelang pemungutan suara, ujar Pangdam, untuk mengukur sejauh mana kesiapan KPU Jawa Barat beserta jajaran untuk menggelar pesta demokrasi Pilkada Serentak 2020 di Jawa Barat 2020.

Di Provinsi Jawa Barat, Pilkada Serentak 2020 berlangsung Kabupaten Bandung, Cianjur, Indramayu, Karawang, Pangandaran, Sukabumi, Tasikmalaya, dan Kota Depok. Pemungutan suara digelar pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Meskipun Jawa Barat saat ini cukup kondusif, tidak berarti kita boleh lengah. Dalam pelaksanaanya perlu ada sinergitas yang baik antara TNI, Polri, pemerintah daerah bersama seluruh komponen masyarakat Jawa Barat, terutama terkait pengamanan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020,” kata Pangdam.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: