Jelang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, Bio Farma Siapkan Infrastruktur Digital

Arif Budianto ยท Rabu, 02 Desember 2020 - 19:00:00 WIB
Jelang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, Bio Farma Siapkan Infrastruktur Digital
(Foto: Ilustrasi)

BANDUNG, iNews.id - Farmasi Bio Farma sedang mempersiapkan infrastruktur digital dalam penyediaan dan layanan vaksin Covid-19. Infrastruktur digital ini untuk menjawab tantangan yang akan dihadapi pada program vaksinasi Covid-19.

Infrastruktur ini untuk perencanaan distribusi vaksin, layanan vaksinasi, validitas calon penerima vaksin, hingga sistem monitoringnya. Sehingga dalam pengembangannya ini, memerlukan dukungan dari berbagai pihak.

Sistem ini nantinya akan terintegrasi juga dengan anggota holding BUMN Farmasi lain. Seperti, Kimia Farma Trade and Distribution, Kimia Farma Klinik yang merupakan anak perusahaan dari PT Kimia Farma Tbk dan Indofarma Global Medika (IGM) anak perusahaan PT Indofarma Tbk, hingga ke pelayanan vaksinasi seperti imunicare miliki Bio Farma, maupun rumah sakit, klinik, dan unit pelayanan kesehatan lainnya.

Direktur Digital Health Care Bio Fama Soleh Udin Al Ayubi mengatakan, Bio Farma sedang menyiapkan beberapa hal. Meliputi pembuatan aplikasi yang dapat mengetahui keaslian produk vaksin Covid-19, implementasi sistem distribusi vaksin (cold chain system) secara real time.

Editor : Agus Warsudi