Jaring Wisatawan, Purwakarta Masih Andalkan Sate Maranggi saat Libur Idul Adha

PURWAKARTA, iNews.id - Pemkab Purwakarta memanfaatkan libur panjang Idul Adha dan akhir pekan untuk menjaring wisatawan. Momentum libur panjang ini dinilai menjadi peluang untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke Purwakarta.
"Semua peluang untuk menjaring wisatawan akan selalu kita manfaatkan sebesar-besarnya. Libur panjang Lebaran Kurban tahun ini juga akan kita optimalkan sebaik-baiknya. Kita terus berbenah untuk menangkap peluang itu," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Selasa, (27/6/2023).
Menurut dia, libur Lebaran yang cukup panjang disertai cuti bersama, memberi waktu yang leluasa bagi masyarakat untuk bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata di Purwakarta.
"Peluang itu harus ditangkap sebaik-baiknya. Kita harus bisa menarik wisatawan untuk datang ke berbagai destinasi wisata kita. Keberhasilan menarik wisatawan bisa menggerakan roda perekonomian daerah dan masyarakat," kata Bupati Anne.
Berdasarkan data dari Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Purwakarta, kunjungan wisatawan tahun 2023 ditargetkan mencapai 2,5 juta orang. Hingga Mei 2023, jumlah wisatawan yang berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Purwakarta sudah mencapai 1.002.630 orang.
Selama libur Lebaran Idul Fitri yang baru lalu, tiga destinasi wisata favorit yang paling banyak dikunjungi adalah wisata kuliner Sate Maranggi Hj Yetty dengan jumlah mencapai 68.781 wisatawan.
Diikuti destinasi wisata Taman Batu Cijanun dengan jumlah 29.636 wisatawan dan destinasi wisata Cikao Park dengan jumlah 20.329 wisatawan. Sementara wisatawan lainnya tersebar mengunjungi berbagai destnasi wisata lainnya.
Di bagian lain, Kepala Bidang Pariwisata Disporaparbud Purwakarta Acep Yuli Mulya mengatakan, untuk memanfatkan libur Lebaran Kurban, sejumlah langkah untuk memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan, tengah disiapkan secara matang.
"Kita ingin kembali bisa mengulangi kesuksesan menjaring wisatawan seperti saat Lebaran Idul Fitri. Kita terus mempersiapkan semua destinasi wisata sebaik mungkin," kata Acep.
Untuk menjaring para wisatawan, lanjut Axep, pihaknya melakukan sejumlah langkah, di antaranya meningkatkan promosi, memperbaiki berbagai fasilitas destinasi wisata, serta meningkatkan keterampilan sumber daya manusia yang bergelut di sektor pariwisata.
Editor: Asep Supiandi