Janji Fasilitasi Ekspor, Pemkab Purwakarta Minta Petani Manggis Tingkatkan Produksi

Antara ยท Senin, 03 Februari 2020 - 20:30 WIB
Janji Fasilitasi Ekspor, Pemkab Purwakarta Minta Petani Manggis Tingkatkan Produksi
Manggis di Purwakarta (Foto: Antara)

PURWAKARTA, iNews.id - Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, akan mendorong para petani untuk meningkatkan produksi manggis menyusul telah dibukanya keran ekspor ke sejumlah negara.

"Dari sisi kuantitas produksi, kami terus mendorong bagaimana supaya produktivitasnya meningkat agar kebutuhan domestik dan ekspor bisa tetap terpenuhi,” kata Kepala Dinas Pangan dan Pertanian setempat Agus Rachlan Suherlan, di Purwakarta, Senin (3/2/2020).

Sedangkan untuk mendorong meningkatnya produktivitas perkebunan manggis, yaitu dengan memberikan bimbingan mengenai praktik pertanian yang baik dan lain-lain. Menurut dia, luas lahan perkebunan manggis di Purwakarta mencapai lebih dari 1.500 hektare.

Lahan perkebunan itu tersebar di lima kecamatan seperti Kecamatan Wanayasa, Kiarapedes, Bojong, Darangdan dan Kecamatan Pondoksalam.

“Dalam waktu dekat, akan ada panen raya manggis,” katanya,

Produksi manggis di Purwakarta rata-rata sekitar 47 ton per hektare. Hasil panen itu bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan lokal dan domestik. Tapi juga hingga mancanegara atau kebutuhan ekspor.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq