Jalan Gedong Lima Padalarang KBB Diperlebar untuk Dukung Operasional KCJB

Adi Haryanto · Jumat, 30 September 2022 - 16:20:00 WIB
Jalan Gedong Lima Padalarang KBB Diperlebar untuk Dukung Operasional KCJB
Jalan Gedong Lima dan Panaris, Padalarang akan diperlebar untuk mendukung operasional Stasiun KCJB di Padalarang, KBB. (Foto/MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Jalan Gedong Lima dan Panaris Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), akan diperlebar untuk mendukung operasional Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) di Padalarang. Selain itu, kawasan sekitar Jalan Gedong Lima dan Panaris juga ditata ulang.

Sebab kondisi eksisting jalan di kawasan itu saat ini terlalu sempit dan dianggap tidak memadai untuk mendukung operasional KCJB. "Jalan di sana (Gedong Lima dan Panaris) terlalu sempit, ke depan kami minta untuk diperlebar karena nantinya untuk mendukung Stasiun KCJB di Padalarang," kata pelaksana tugas (plt) Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan, Jumat (30/9/2022).

Hengki Kurniawan menyatakan, kolaborasi itu dilakukan Pemkab Bandung Barat dengan KCJB karena wilayah KBB menjadi salah satu tempat pemberhentian KCJB. Jika awalnya Transit Oriented Development (TOD) akan dibangun di kawasan Walini, namun kini akan mengoptimalkan pemberhentian di Stasiun Padalarang

Perubahan lokasi TOD KCJB itu telah disampaikan dalam rapat bersama pihak kementerian dan manajemen KCJB. Rencana awal dua ruas jalan itu akan diperlebar menjadi 10-12 meter dengan pedestriannya. Sehingga bisa dilalui oleh kendaraan bus pariwisata yang berkapasitas besar. 

"Prediksi kami untuk melebarkan jalan tersebut membutuhkan anggaran sekitar Rp100 miliar-Rp150 miliar untuk pembebasan lahannya, karena di sana banyak permukiman. Semoga saja rencana ini disetujui pemerintah pisat," ujarnya.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: