Jalaluddin Rakhmat di Mata Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir

Kuntadi · Senin, 15 Februari 2021 - 21:19:00 WIB
Jalaluddin Rakhmat di Mata Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir
Almarhum Jalaluddin Rakhmat semasa hidup. (Foto: Okezone)

YOGYAKARTA, iNews.id - Cendekiawan muslim, Jalaluddin Rakhmat dalam usia ke-72 di Rumah Sakit Santosa, Bansung, Senin (15/2/2021). Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir ikut berduka atas meninggalnya almarhum yang dikenal produktif menulis.

Haedar mengenal almarhum saat menimba ilmu di SMP Muhammadiyah 3 Bandung. Haedar juga pernah mengikuti training center pemuda wilayah Jawa Barat yang saat itu almarhum menjadi master of training.

“Semoga almarhum husnul khatimah, diampuni kesalahannya, diterima amal salehnya, serta ditempatkan di sisi Allah SWT,” kata Haedar. 

Haedar mengemukakan, almarhum Jalaluddin Rakhmat merupakan kader Muhammadiyah. Dia pernah menjadi pengurus Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Jawa Barat,  Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Kota Bandung, serta guru di SMP Muhammadiyah 3 Padasuka Bandung. “Almarhum sebagai cendekiawan muslim yang produktif menulis dengan tulisan yang menarik, ceramah-ceramahnya juga memikat,” ujar Haedar. 

Haedar mengenang almarhum Jalaluddin Rakhmat memilih jalur pemikiran yang berbeda dari arus utama cendekiawan muslim Indonesia. Hal itu menjadi bagian dari dinamika seseorang dalam perjalanan hidupnya sekaligus keragaman dalam pemikiran keislaman di dunia Islam.

Diberitakan sebelumnya, jenazah cendikiawan Jalaludin Rakhmat yang terkonfirmasi positif Covid-19 langsung dimakamkan di pemakaman keluarga di Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (15/2/2021) malam ini. Pemakaman berlangsung  dengan protokol Covid-19 ketat.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: