Intensitas Hujan Meningkat di KBB, BPBD Ingatkan Warga untuk Waspada 

Adi Haryanto · Rabu, 07 September 2022 - 12:04:00 WIB
 Intensitas Hujan Meningkat di KBB, BPBD Ingatkan Warga untuk Waspada 
Intensitas hujan yang kembali meningkat dalam sepekan terakhir membuat pihak BPBD KBB mengimbau kepada masyarakat untuk waspada. (Foto: Ilustrasi)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Hujan yang kembali turun dengan intensitas tinggi di sejumlah wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) harus diwaspadai. Pasalnya, kondisi tersebut berpotensi memicu terjadinya bencana alam terutama banjir bandang dan tanah longsor.

"Sekarang musim kemarau basah, jadi hujan masih sering kali turun tiba-tiba dengan intensitas tinggi. Jadi warga, terutama di daerah rawan bencana harus tetap waspada," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), KBB, Duddy Prabowo, Rabu (7/9/2022).

Duddy mencontohkan, bencana tanah longsor yang terjadi pada Minggu (4/9/2022) dini hari di Kampung Tapos RT 02/04, Desa Kenangasari, Kecamatan Cikalongwetan, dipicu oleh hujan deras yang terjadi pada siang harinya. Akibatnya akses jalan tertutup total sehingga kendaraan motor maupun mobil tidak bisa melintas selama tiga hari. 

Berdasarkan assesment pihaknya di lapangan, kontur tanah menjadi labil dan tidak kuat menahan beban air hujan sehingga terjadi longsor. Apalagi di atas tebing setinggi 10 meter yang mengalami longsor itu juga ada saluran air yang tertutup akibat sumbatan sampah sehingga airnya meluber. 

"Untuk itu ketika hujan turun warga harus mewaspadai titik-titik saluran air jangan ada yang tersumbat, karena airnya bisa luber dan itu dapat memicu pergerakan tanah longsor," tuturnya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: