Inovasi Helm dari Limbah Serabut Sawit Diperkenalkan di Majalengka, Ini Keunggulannya

Inin nastain ยท Rabu, 20 Oktober 2021 - 16:48:00 WIB
Inovasi Helm dari Limbah Serabut Sawit Diperkenalkan di Majalengka, Ini Keunggulannya
Helm Green Composite yang menggunakan bahan limbah serabut kelapa sawit. (Foto: ININ NASTAIN)

"Helm ini inovasi teman-teman IPB (Institut Pertanian Bogor). Mereka memanfaatkan limbah tanaman sawit, serabutnya. Jadi lapisan dalam helm itu menggunakan serabut sawit," kata Plt Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN.

Kendati menggunakan bahan limbah, ujar Julendra, helm tersebut dipastikan aman digunakan berkendara. Selain itu, dengan menggunakan serabut sebagai pengganti busa, helm tersebut relatif lebih nyaman dibanding yang berbahan busa.

"Itu pasti sudah diuji ya karena bentuk inovasi. Kelenturannya, segala macam, terus keamanannya untuk berkendara. Yang pasti, ini sudah SNI ya," ujar dia.

Julendra menuturkan, domain BRIN di riset dan inovasi. Karena itu, BRIN memfasilitasi semua riset dan inovasi di Indonesia. Mulai dari awal riset hingga menghasilkan produksi inovasi.

"Kami kan (BRIN) banyak peneliti masuk, bergabung di sana. Terus peralatannya. Termasuk juga bagian dari memperkenalkan hasil riset ke masyarakat. Seperti ini kan memperkenalkan. HKI (Hak Kekayaan Intelektual)-nya tetap milik peneliti," tutur Julendra.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: