Ini Tampang Terduga Penyebar Hoaks Ustaz di Sukabumi Diangkat sebagai Waliyullah

Dharmawan Hadi ยท Sabtu, 02 Oktober 2021 - 18:53:00 WIB
Ini Tampang Terduga Penyebar Hoaks Ustaz di Sukabumi Diangkat sebagai Waliyullah
Arif Rahman Hakim mengaku menyebarkan pesan suara berisi kabar bohong atau hoaks tentang seorang ustaz di Surade, Sukabumi diangkat sebagai waliyullah oleh Nabi Khidir dan Nyi Roro Kidul. (Foto: Tangkapan Layar Video/DHARMAWAN HADI)

SUKABUMI, iNews.id - Teka-teki pemilik pesan suara berisi hoaks atau kabar bohong yang menyebutkan seorang ustaz diangkat sebagai wali Allah atau waliyullah di Surade, Sukabumi, akhirnya terungkap. Terduga pelaku bernama Arif Rahmad Hakim yang mengaku sebagai Ketua Forum Aliansi da Ketua LSM Komunitas Pemberantasan Korupsi (KPK) Pasundan DPC Surade.

Identitas dan wajah penyebar hoaks itu terungkap setelah Arif Rahman Hakim mengunggah sebuah video klarifikasi terkait kabar bohong yang disebarkannya tentang ustaz Encep Jainal Mutaqin diangkat sebagai waliyullah oleh Nabi Khidir dan Nyi Roro Kidul di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. 

Pelaku mengunggah video klarifikasi setelah kasus ini dilaporkan ustaz Encep Jainal Mutaqin ke Satreskrim Polres Sukabumi. Saat ini kasus kabar bohong alias hoaks yang disebarkan pelaku dan membuat resah masyarakat itu, tengah diselidiki polisi. 

Dalam video klarifikasi berdurasi 1 menit 51 detik tersebut, Arif Rahman Hakim mengakui bahwa pesan suara tersebut adalah perkataan dirinya yang disebarkan dalam WhatsApp Group (WAG) internal LSM KPK Pasundan DPC Surade. 

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: