Ini Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Sektor Pariwisata di Jawa Barat

Agung Bakti Sarasa ยท Sabtu, 17 Juli 2021 - 16:51:00 WIB
Ini Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Sektor Pariwisata di Jawa Barat
Kadisparbud Jabar Dedi Taufik mendampingi Menparekraf Sandiaga Uno saat memberikan keterangan di STP Bandung, Sabtu (17/6/2021). (Foto/Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Jabar Dedi Taufik mengatakan, pandemi Covid-19 selama 1,5 tahun, menimbulkan dampak besar bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Jabar. Indikatornya, banyak pengusaha hotel dan pariwisata di Jabar gulung tikar.

Informasi terbaru, kata Kadisparbud Jabar, sebanyak 10 pengusaha wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB) menutup usaha mereka. Tidak hanya itu, dampak pandemi juga sangat dirasakan pelaku seni dan budaya. 

Saat ini, Disparbud Jabar masih mendata jumlah pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang akan menerima dana hibah dari Kemenparekraf yang disiapkan sebesar Rp2,4 triliun.

Dedi mengatakan, seniman dan budayawan bukan di sektor pariwisata, tetapi mereka juga jadi kekuatan. "Kami sedang proses pendataan, berdasarkan data ada ratusan ribu di Jabar, dengan situasi sekarang akan bertambah seiring dengan proses pendataan yang kita lakukan," kata Kadisparbud Jabar. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: