Dukung PPKM Darurat, Sandiaga Uno Siapkan Rp2,4 Triliun untuk Sektor Pariwisata dan Ekraf

Dicky Wismara ยท Sabtu, 17 Juli 2021 - 16:30:00 WIB
Dukung PPKM Darurat, Sandiaga Uno Siapkan Rp2,4 Triliun untuk Sektor Pariwisata dan Ekraf
Menparekraf Sandiaga Uno meninjau vaksinasi massal pekerja dan pelaku usaha wisata di Sesko AU Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). (Foto: iNews/Dicky Wismara)

BANDUNG, iNews.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyiapkan langkah untuk mendukung perpanjangan ppkm darurat hingga Juli 2021. Sandiaga Uno akan mempercepat pencairan dana bantuan untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sebesar Rp2,4 triliun.

Pernyataan itu disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno saat meninjau proses vaksinasi bagi para pekerja, pelaku usaha pariwisata, dan ekraf di di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (17/7/2021).

Sandiaga Uno mengatakan, target pemulihan ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di kuartal pertama dan kedua tidak mencapai target karena menyusul penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.

"Untuk mempertahankan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tetap hidup, Kemenparekraf menyiapkan dana hibah sebesar Rp2,4 triliun," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Saat ini, ujar Sandiaga, terdapat sekitar 34 juta pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Namun perlu pendataan ulang dan validasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah untuk menentukan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi Covid-19 dan penerapan PPPKM darurat.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2