Ini Alasan Habib Bahar Dipindahkan ke Lapas Nusakambangan

iNews.id · Rabu, 20 Mei 2020 - 09:44:00 WIB
Ini Alasan Habib Bahar Dipindahkan ke Lapas Nusakambangan
Habib Bahar bin Smith diperiksa kesehatan petuga lapas. (Foto Ist).

JAKARTA, iNews.id - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan menjelaskan alasan Habib Bahar bin Smith dipindahkan ke Lapas Nusakambangan, Jawa Tengah. Salah satunya massa pendukung Habib Bahar berkerumun di Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen PAS, Rika Aprianti mengatakan massa memaksa ingin mengunjungi Habib Bahar. Mereka juga merusak pagar Lapas Gunung Sindur.

"Simpatisan yang memaksa ingin mengunjungi Habib Bahar, berkerumun berteriak-teriak dan melakukan tindakan provokatif yang menyebabkan perusakan fasilitas negara berupa pagar lembaga pemasyarakatan," kata Rika Aprianti dalam keterangan tertulis, Rabu (20/5/2020).

Selain itu, menurut dia, massa pendukung Habib Bahar yang berkerumun berpotensi menyebabkan penyebaran virus corona (Covid-19) dan melanggar protokol kesehatan.

"Massa simpatisan dalam jumlah besar yang berkeruman sangat rentan terjadinya penyebaran Covid-19 dan telah melanggar protokol kesehatan penanganan Covid-19," ucap dia.

Dia menambahkan, di Lapas Gunung Sindur juga terdapat narapidana kasus teroris dan bandar narkoba. Kondisi dikhawatirkan tidak kondusif jika terjadi kerumunan massa yang ingin mengunjungi Habib Bahar.

"Di Gunung Sindur terdapat dua lembaga pemasyarakatan yang dihuni oleh narapidana kasus teroris dan bandar narkoba akan menjadikan kondisi yang tidak kondusif dan dapat mengganggu keamanan ketertiban apabila terjadi kerumunan massa yang ingin mengunjungi narapidana Habib Bahar," ucap dia.

Sebelumnya, Bahar Smith dinyatakan bebas bersyarat dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cibinong lewat program asimilasi pada Sabtu (16/5/2020). Bahar Smith masuk dalam program asimilasi karena sudah menjalani setengah masa tahanan sejak ditetapkan sebagai tersangka kasus penganiayaan di bawah umur.

Namun Habib Bahar ditangkap kembali karena melanggar hak asimilasi. Petugas membawa Habib Bahar ke Lapas Gunung Sindur, Selasa (19/5/2020) dini hari.


Editor : Faieq Hidayat