Pencairan Bantuan Tunai bagi Pemegang KKS Bansos BPNT Tinggal 2 Hari Lagi

Adi Haryanto ยท Kamis, 13 Januari 2022 - 18:08:00 WIB
Pencairan Bantuan Tunai bagi Pemegang KKS Bansos BPNT Tinggal 2 Hari Lagi
Penerima bansos KKS bisa secepatnya melakukan pencairkan bantuan dalam bentuk tunai sampai batas akhir 15 Januari 2022. Jika tidak, uang kembali ke kas negara. (Foto/MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Pencairan bansos Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) tahun ini ada percepatan jika dibandingkan tahun lalu. Berdasarkan jadwal, batas akhir pencairan bansos itu jatuh pada 15 Januari 2022 atau tinggal dua hari lagi.

Hal itu mengacu kepada peraturan Mensos tanggal 28 Desember 2021 tentang Penyaluran Bansos Melalui Tunai. "Sesuai instruksi Menteri Sosial Tri Rismaharini, tahun ini ada percepatan pencairan bansos KKS. Sehingga warga pemegang KKS bisa mencairkan bantuan dalam bentuk tunai," terang Koordinator Kecamatan (Korcam) PKH Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) Miftah Husni, Kamis (13/1/2022).

Miftah Husni menyatakan, pencairan bansos KKS dalam bentuk tunai sudah mulai bisa dilakukan sejak Desember 2021. Namun demikian, pencairan tunai masih harus dilakukan dari agen, belum bisa dari mesin ATM. Di Lembang, tercatat ada 1.800 warga lebih yang menerima KKS program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Bantuan yang diberikan dalam bentuk pangan senilai Rp2,4 juta yang disalurkan setiap bulan sebesar Rp200.000. Pangan yang diberikan berupa sembako seperti beras, telur, daging ayam dan lain sebagainya. Ketika ada kualitas barang yang tidak sesuai, KPM bisa menyampaikan keberatan untuk diganti oleh pihak agen.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: