Hidupkan Pamor Wirausaha, Perkumpulan Ini Wadahi UMKM Alumni Unpad 

Arif Budianto · Minggu, 04 Juli 2021 - 17:21:00 WIB
Hidupkan Pamor Wirausaha, Perkumpulan Ini Wadahi UMKM Alumni Unpad 
Salah satu aktivitas kafe Lupba di Mal BTC, Jalan Djunjunan, Kota Bandung. (Foto: Istimewa) 

BANDUNG, iNews.id - Banyak yang menganggap bahwa pelaku usaha adalah ujung tombak ekonomi dan kemampuannya dalam penyerap tenaga kerja terbesar. Sehingga banyak cara dilakukan agar masyarakat mau menjadi entrepreneur. 

Tapi tak bisa dipungkiri, sepak terjang para pelaku UMKM tidak banyak dipandang. Apalagi bagi alumni perguruan tinggi, menjadi entrepreneur sering kali pamornya kalah dibanding birokrat sukses. Padahal mereka memiliki produk yang tak kalah berkualitas. Mereka pun mampu menyerap tenaga kerja, di tengah tingginya pengangguran di negeri ini. 

Hal itu juga yang mendasari Perkumpulan Bumi Alumni (PBA) melalui badan usahanya dengan mendirikan Lupba. Sebuah wadah bagi para alumni yang menjadi entrepreneur untuk memajukan usaha mereka, melalui penjualan produk atau pelatihan.

"Targetnya, kami ingin agar para alumni Unpad yang memiliki usaha atau produk, bisa naik kelas bersama Lupba," kata pengurus PBA yang juga pengelola Lupba Cafe di Mal BTC, Andri Ganamurti kepada MNC Portal Indonesia, Minggu (4/7/2021).

Kendati baru berjalan tiga bulan, namun Lupba telah memiliki jaringan dengan lebih dari 800 alumni yang memiliki usaha. Mereka bergerak di berbagai bidang usaha seperti kuliner, fesyen, dan lainnya. Melalui Lupba ini, mereka bisa menitip atau menjual produknya.

"Jadi UMKM yang merupakan alumni Unpad ini bisa menitip produknya di Lupba, atau menjual produknya kepada kami, untuk kami pasarkan memakai brand Lupba. Dengan begitu, kami berharap usaha mereka bisa semakin maju dan berkembang," kata dia. 

Saat ini, beberapa produk yang telah dihimpun di Lupba di antaranya penganan untuk oleh-oleh, seperti dodol. Kemudian ada produk madu, hingga frozen food seperti cireng.  Sementara produk yang telah bekerjasama dan dilabeli Lupba di antaranya keripik pisang dan kopi, bawang goreng, sambal goang, sambal geprek, madu, dan lainnya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2