Harimau di Pasaman Adang Eksavator, Dedi Mulyadi: Bukti Lingkungan Rusak

Agus Warsudi · Rabu, 26 Januari 2022 - 15:04:00 WIB
Harimau di Pasaman Adang Eksavator, Dedi Mulyadi: Bukti Lingkungan Rusak
Harimau Sumatera mengadang eksavator di Pasaman Barat, Sumbar (Foto: Budi Sunandar/MNC Portal)

BANDUNG, iNews.id - Sebuah video seekor harimau Sumatera mengadang eksavator yang tengah meratakan lahan untuk kebun sawit di Pasaman, Sumatera Barat, viral di media sosial. Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi menilai aksi harimau itu membuktikan telah terjadi kerusakan parah lingkungan di Indonesia.

Karena itu, Dedi Mulyadi meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) lebih terbuka dan menjelaskan kepada publik terkait kasus kerusakan lingkungan di negeri ini.

Menurut Kang Dedi, berbicara soal lingkungan KLHK harus fokus pada dua hal. Pertama, menjaga yang sudah ada seperti gunung, sungai, dan hutan agar terus berkesinambungan tidak ada lagi perusakan, penebangan, pencemaran hingga penambangan baru. Kedua, recovery seperti gunung, aliran sungai dan hutan yang rusak.

“Kalau dua-duanya terus berjalan tidak akan pernah selesai. Kita membangun kerusakan baru. Di sinilah, kita harus memulai memetakan wilayah mana yang akan fokus recovery dan wilayah mana yang harus dijaga,” kata Dedi Mulyadi saat rapat kerja dengan Menteri KLHK Siti Nurbaya di DPR, Selasa (25/1/2022).

Editor : Agus Warsudi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: