Harga Mobil Turun karena Insentif PPn BM,  OJK Optimistis Realisasi Kredit Naik 

Arif Budianto · Selasa, 16 Februari 2021 - 10:56:00 WIB
Harga Mobil Turun karena Insentif PPn BM,  OJK Optimistis Realisasi Kredit Naik 
Otoritas Jasa Keungan

BANDUNG, iNews.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) optimistis realisasi pembiayaan kendaraan bermotor bakal naik, atas rencana insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPn BM) untuk kendaraan. Penurunan pajak ini akan mendorong mayarakat membeli kendaraan baik cash atau kredit.

Rencananya, insentif PPn BM untuk mobil tertentu berlaku Maret-Mei 2021. PPn BM nol persen untuk pembelian Maret sampai Mei. Kemudian Pada Juni - Agustus konsumen otomotif akan mendapatkan potongan PPnBM sebesar 50 persen dan September-November 25 persen.

Menurut Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, pelonggaran PPn BM akan sangat berpengaruh terhadap demand pembelian kendaraan bermotor. Apalagi sektor otomotif saat ini masih lesu, tercermin dari kredit konsumsi kendaraan bermotor yang masih terkontraksi. 

"Dalam kondisi pandemi, penurunan PPn BN mendorong milenial yang memiliki kemampuan finansial belanja properti, mobil dan atau motor melalui pengajuan kredit. Ini yang akan mengakselerasi kredit konsumsi dan juga berdampak pada meningkatkan kredit korporasi," kata dia.

Data Bank Indonesia (BI) per Agustus 2020 pertumbuhan kredit perbankan secara tahunan naik 0,6 persen menjadi Rp5.520,9 triliun. Data per April, kredit kendaraan bermotor turun 1,8 persen dengan nilai penyaluran Rp 644,4 triliun.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: