Harga Kedelai Tembus Rp1,1 Juta, Perajin Tahu Tempe Purwakarta Mogok Produksi

Irwan · Minggu, 20 Februari 2022 - 10:29:00 WIB
Harga Kedelai Tembus Rp1,1 Juta, Perajin Tahu Tempe Purwakarta Mogok Produksi
Perajin tahu dan tempe di Purwakarta memperkecil ukuran tahu untuk menyiasati harga kedelai yang tembus Rp1,1 juta per kuintal. (Foto: MPI/Didin Jalalaludin)

PURWAKARTA, iNews.id - Para perajin tahu tempe di Kabupaten Purwakarta, serempak mogok produksi, Minggu (20/2/2022) pagi. Aksi ini dilakukan sebagai protes atas tingginya harga kedelai yang tembus lebih dari Rp 1,1 juta per kuintal.

Jika tuntutan mereka tidak dipenuhi, kenaikan harga tempe tak akan bisa dihindari untuk menutupi biaya produksi.

Terpantau, tidak ada aktivitas di tempat perajin tempe di Kampung Purnawarman, Kelurahan Sindangkasih, Purwakarta. Para pekerja hanya mengisi waktu dengan bersantai.

Selain itu, selama pabrik tahu tempe tidak beroperasi dimanfaatkan untuk memeriksa tong plastik berukuran besar dan mesin pembuatan tempe. Tidak ketinggalan tempat pengukusan kedelai, cetakan serta tempat penyimpanan hasil produksi tempe ikut juga dicek.

Sementara aksi mogok ini dilakukan secara serentak se-Purwakarta. Hal ini dilakukan sebagai protes akan tingginya harga kacang kedelai yang tembus lebih dari Rp1,1 juta per kuital.

Kenaikan itu terus terjadi sejak beberapa bulan terakhir. Dari semula Rp750.000 naik menjadi Rp1,1 juta per kuintal. Akibat tingginya harga kedelai membuat para perajin tahu tempe kelimpungan karena tidak seimbang dengan biaya produksi.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: