Harga BBM Naik, Cabai di Indramayu Malah Anjlok, Kenapa?

Andrian Supendi · Sabtu, 24 September 2022 - 16:33:00 WIB
Harga BBM Naik, Cabai di Indramayu Malah Anjlok, Kenapa?
Harga cabai di Pasar Baru Indramayu anjlok. (FOTO: ANDRIAN SUPENDI)

INDRAMAYU, iNews.id - Harga cabai di pasar tradisional Kabupaten Indramayu anjlok sejak tiga hari terakhir. Penurunan harga diduga dipicu oleh menurunnya daya beli masyarakat pascakenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Pantauan MNC Portal Indonesia (MPI) di pasar Baru Indramayu, pada Sabtu (24/9/2022), harga cabai merah yang semula Rp60.000 per kilogram (kg) kini turun menjadi Rp30.000 per kg. Cabai hijau yang sebelumnya Rp30.000 per kg menjadi Rp20.000 per kg. 

Sedangkan harga cabai setan dari Rp80.000 per kg turun menjadi Rp65.000 per kg. Cabai rawit dari Rp40.000 per kilogram anjlok di harga Rp28.000 per kg.

Seorang pedagang cabai, Suhaeti (55) mengatakan, penurunan harga tersebut sudah berlangsung selama tiga hari. "Penurunan harga terjadi secara bertahap mas, sedikit demi sedikit tidak langsung sekaligus. Itu terjadi sejak tiga hari terakhir," kata Suhaeti.

Di sisi lain, Suhaeti mengaku, semenjak naiknya harga BBM jumlah konsumen cabai di kiosnya berkurang hingga mencapai 50 persen, hal itu menyebabkan omset jualan cabainya pun turut berkurang.

"Semenjak BBM naik jumlah konsumen berkurang hingga setengahnya. Sementara, konsumen yang ada pun saat ini mengurangi jumlah belanjaannya, yang semula belinya satu kilogram sekarang hanya setengah kilogram. Kemungkinan itu yang membuat harga cabai turun," ujarnya.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: