Gunung Tangkuban Parahu Miliki Kesamaan dengan Semeru, Erupsi Tanpa Gejala Vulkanik

Adi Haryanto · Senin, 06 Desember 2021 - 18:54:00 WIB
Gunung Tangkuban Parahu Miliki Kesamaan dengan Semeru, Erupsi Tanpa Gejala Vulkanik
Gunung Tangkuhan Parahu di wilayah KBB dan Kabupaten Subang dinilai memiliki kesamaan dengan Gunung Semeru, yakni memiliki letusan freatik yang bisa terjadi tiba-tiba tanpa gejala vulkanik. (Foto: Dok.MPI)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Gunung Tangkuban Parahu di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kabupaten Subang dinilai memiliki kesamaan dengan Gunung Semeru. Kedua gunung ini sama-sama memiliki letusan freatik yang bisa terjadi tiba-tiba dan tanpa didahului oleh gejala vulkanik sebelumnya. 

Oleh karena itu masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu agar selalu tetap waspada akan potensi terjadinya letusan freatik. Meskipun saat ini Gunung Tangkuban Parahu masih terpantau aman dan berstatus normal.

"Yang namanya gunung api pasti sama, makanya kami sudah menyusun rencana kontijensi dan antisipasi sebagai upaya pencegahan," terang Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), KBB, Asep Sulaeman, Senin (6/12/2021).

Asep menyebutkan, sudah melakukan mitigasi bencana dan sosialisasi kepada masyarakat sesuai rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Seperti menyiapkan jalur evakuasi dan titik kumpul warga di ruang terbuka atau tanah lapang yang aman.

Mitigasi bencana perlu dilakukan, mengingat Gunung Tangkuban Parahu pernah mengalami erupsi pada tahun 2019 lalu. Kejadiannya pun tiba-tiba bahkan sejumlah wisatawan yang saat itu berada di dekat Kawah Ratu sempat panik karena abu vulkanik tersembur dari kawah. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: