Gunung Tangkuban Parahu Buka Kembali Kamis, Pedagang Menyambut Baik

Yuwono ยท Rabu, 31 Juli 2019 - 13:48 WIB
Gunung Tangkuban Parahu Buka Kembali Kamis, Pedagang Menyambut Baik
Lokasi wisata Gunung Tangkuban Parahu bersiap-siap untuk beroperasi kembali. (Foto: iNews/Yuwono).

BANDUNG, iNews.id - Kawasan wisata Gunung Tangkuban Parahu akan kembali dibuka pada Kamis (1/8/2019) besok. Tim gabungan hingga kini masih membersihkan bekas debu vulkanis, dibantu para pedagang di sekitar lokasi tersebut.

Pengelola Gunung Tangkuban Parahu, Putra Kaban mengatakan, keputusan ini diambil dari hasil rapat antara pengelola dengan Gubernur Jawa Barat, Bupati Subang, petugas dari PVMBG dan pihak terkait lainnya.

"Kesepakatannya Kamis besok, wisata Gunung Tangkuban Parahu akan dibuka kembali untuk umum," kata Kaban kepada wartawan di Gunung Tangkuban Parahu, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (Jabar), Rabu (31/7/2019).

BACA JUGA: Pascaerupsi, Wisata Gunung Tangkuban Parahu Baru akan Kembali Dibuka Kamis Pagi

Pihak pengelola tentu akan memberlakukan standar operasional prosedur (SOP) di kawasan wisata tersebut. Misal, pemasangan spanduk peringatan, papan dan plang imbauan ke pengunjung agar berhati-hati bila ada potensi bencana.

Para pedagang pun menyambut baik rencana dibukanya kembali wisata Gunung Tangkuban Parahu. Sebab, mereka hampir sepekan tidak berjualan pascaerupsi.

BACA JUGA: 30 Truk Angkut Abu Vulkanis Pascaerupsi Gunung Tangkuban Parahu

"Biasanya dalam sehari bisa dapat Rp100.000 - Rp200.000, apalagi kalau akhir pekan bisa mencapai Rp300.000 - Rp400.000," ujar dia.

Hingga Rabu pagi, proses pembersihan abu vulkanis masih dilakukan tim gabungan dengan menggunakan tiga mobil pemadam. Pantauan iNews, kondisi wisata sudah mulai bersih dari debu vulkanik, dan siap buka kembali besok.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal