Gempa Terkini di Pangandaran, Belasan Rumah di Ciamis Ambruk

Acep Muslim ยท Minggu, 25 Oktober 2020 - 15:05:00 WIB
Gempa Terkini di Pangandaran, Belasan Rumah di Ciamis Ambruk
Rumah warga di Ciamis, Jawa Barat rusak akibat gempa bumi Magnitudo 5,9 di Pangandaran. (Foto: iNews/Acep Muslim)

CIAMIS, iNews.id – Belasan rumah di enam kecamatan, Kabupaten Ciamis rusak dan ambruk akibat gempa bumi Magnitudo 5,9 yang mengguncang Pangandaran, Jawa Barat, Minggu (25/10/2020) pagi. Tidak ada korban jiwa dalam bencana itu, namun satu orang luka-luka tertimpa reruntuhan tembok rumah dan harus dirawat di klinik.

Dari data Badan Penanggulanngan Bencana Daerah (BPBD) Ciamis, gempa Pangandaran mengakibatkan 16 rumah mengalami kerusakan dan sebagian ambruk. Rumah-rumah yang rusak itu tersebar di Kecamatan Ciamis, Pamarican, Banjarsari, Lakbok, Purwodadi dan Tambaksari.

Warga Pamarican, Yono Mustofa mengatakan, rumahnya ambruk akibat guncangan gempa yang berpusat di Pangandaran. “Sebagian dinding dan atap rumah ambruk kena gempa,” ucap warga Dusun Kertaharja, Desa Kertahayu, Kabupaten Ciamis.

Reruntuhan tembok dan atap rumah itu menimpa Deden Gustiawan, salah satu anak Yono Mustofa. Deden mengalami luka di kaki saat berusaha menyelematkan diri sambil menggendong anaknya.

“Pas gempa saya ada di dalam rumah. Terus mau keluar sambil gendong anak tapi keburu kena reruntuhan tembok. Anak saya alhamdulillah tidak adap-apa,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki