Gelontorkan Rp7 Miliar, Unsika Karawang Dorong Dosen Lakukan Penelitian

Nilakusuma ยท Jumat, 23 Juli 2021 - 15:17:00 WIB
Gelontorkan Rp7 Miliar, Unsika Karawang Dorong Dosen Lakukan Penelitian
Unsika Karawang mendorong dosennya untuk melakukan penelitian. (Foto: iNews.id/Nilakusuma)

KARAWANG, iNews.id - Universitas Negeri Singaperbangsa (Unsika) Karawang mendorong para dosennya untuk melakukan riset melalui program Hibah Prioritas Bidang Penelitian dan Pengabdian. Untuk menyukseskan program tersebut Unsika menggelontorkan anggaran Rp 7,145 miliar. 

Saat ini sudah 218 judul riset atau penelitian yang berhasil lolos melewati tahapan seleksi.

"Kita punya komitmen tinggi mendorong minat dosen untuk melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat yang terintegrasi melalui program Hibah Prioritas Unsika bidang Penelitian dan Pengabdian (Hipka bidang PPM). Ini bisa memberikan dampak sosial secara positif kepada masyarakat," kata Rektor Unsika Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak., CA, Jumat (23/7/2021).

Menurut Sri Mulyani, saat ini sebanyak 218 hasil riset di tahun 2021 yang dihasilkan melalui program Hipka bidang PPM. Terjadi kenaikan minat untuk penelitian dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 131 riset. 

"Tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Anggaran tahun ini juga meningkat menjadi Rp7,145 miliar dibanding sebelumnya yang hanya Rp 3,931 miliar," katanya.

Sri Mulyani mengatakan, Program Hipka bidang PPM terdiri dari empat skema. Yaitu, Hibah Penelitian Dasar (Hipda), Hibah Penelitian Pemula (Hipla), Hibah Penelitian Strategis (Hipstra), dan Hibah Penelitian Unggulan (Hiplan).  Tahun 2021, telah ditetapkan 11 judul Hipda dengan dana maksimal sebesar Rp30 juta, 93 judul Hipla dengan dana maksimal sebesar Rp30 juta, 107 skema Hipstra dengan dana maksimal sebesar Rp35 juta, dan 7 judul Hiplan dengan dana maksimal sebesar Rp40 juta. 

Program Hipka bidang PPM ini menjadi salah satu program unggulan Unsika untuk memenuhi indiktor kinerja utama perguruan tinggi yang ke-5 serta peringkat publikasi di kancah regional, nasional, maupun internasional.   

Editor : Asep Supiandi