Gas 3 Kg Meledak di Cimahi, 1 Orang Luka Terkena Pecahan Kaca

Adi Haryanto ยท Kamis, 29 Oktober 2020 - 21:35:00 WIB
Gas 3 Kg Meledak di Cimahi, 1 Orang Luka Terkena Pecahan Kaca
Foto/SINDOnews/Ilustrasi

CIMAHI, iNews.id - Ledakan tabung gas 3 kg merusak rumah warga di Kompleks Perumahan Pondok Cipta Mas, Blok A10 RT 01/14, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat Kamis (29/10/2020). Selain merusak rumah, ledakan juga menyebabkan satu orang terluka.

Rumah milik Sopian yang merangkap sebagai tempat usaha konveksi tersebut mengalami kerusakan di bagian atap langit-langit. Bahkan sebagian bahan konveksi rusak. Sopian mengaku mengaku mengalami kerugian sekitar Rp100 juta.

"Diduga ada kebocoran dari selang atau regulator gas elpiji 3 kg, sehingga terjadilah ledakan," kata Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Kelurahan Leuwigajah Dini Rasyid melalui sambungan telepon.

Dia mengemukakan, kejadian tersebut pertama kali dilaporkan oleh warga bernama Merry. Pelapor menyebutkan ledakan gas 3 kg terjadi sekitar pukul 10.00 WIB dari rumah tetangga dan menimbulkan suara dentuman sangat keras.

"Saat itu dia (Merry) sempat melihat seorang pegawai yang bekerja di konveksi tetangganya mengalami luka-luka akibat terkena pecahan kaca," ujar dia.

Sementara itu, Sopian, pemilik rumah, menuturkan, kebocoran gas dipicu dari steam uap setrika kaos. Saat karyawan sedang memanaskan setrika uap di atas kompor gas 3 kg, tiba-tiba terjadi ledakan.

Padahal sebelumnya tidak tercium bau gas, sehingga kejadian ini membuat karyawannya kaget. "Tadi ada yang luka ringan kena pecahan kaca. Kalau kerusakan bukan hanya di dapur saja tetapi juga di tengah rumah," tutur Sopian.

Editor : Agus Warsudi