Remaja Putri di Cimahi Tewas di Drainase, Fasilitas Umum Segera Dievaluasi

Adi Haryanto ยท Rabu, 28 Oktober 2020 - 23:00:00 WIB
Remaja Putri di Cimahi Tewas di Drainase, Fasilitas Umum Segera Dievaluasi
Banjir cileuncang kerap dilanda Kota Cimahi saat hujan deras. Pascatewasnya siswi SMP beberapa waktu lalu, Pemkot Cimahi akan membenahi fasilitas umum. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto

CIMAHI, INews.id - Pascainsiden remaja putri tewas di gorong-gorong saat banjir dua hari lalu, Pemkot Cimahi segera mengevaluasi kondisi semua fasilitas umum di semua kecamatan dan kelurahan.

Jika didapati drainase rusak atau gorong-gorong yang tak tertutup, akan diperbaiki. Langkah tersebut dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

"Evaluasi dan pemeriksaan perlu dilakukan untuk memastikan fasilitas publik aman dan memberi manfaat buat masyarakat," kata Sekda Kota Cimahi Dikdik Suratno, Rabu (28/10/2020).

Dia menilai, pemeriksaan harus cepat dilakukan mengingat sekarang baru memasuki musim penghujan. Sehingga ketika kondisi fasilitas umum, seperti trotoar, jalan, dan gorong-gorong aman, ketika hujan masyarakat tidak perlu khawatir.

Fenomena alam hujan terus setiap hari sehingga beberapa ruas jalan di tergenang banjir harus diwaspadai. Berdasarkan inventarisasi ada 7 titik ruas jalan yang selalu tergenang air ketika hujan besar. Itu akan ditangani meski sebenarnya ketika hujan reda genangan air pun cepat surut.

"Mengacu ke master plane yang ada, kami mengupayakan satu sambungan saluran-saluran air yang ada, bisa terkoneksi dengan baik. Sehingga air bisa mengalir dengan cepat ke saluran yang lebih besar," tuturnya.

Sementara Ketua Komisi III DPRD Kota Cimahi Yus Rusnaya menyebutkan, pihaknya meninjau langsung ke lokasi gorong-gorong untuk mencari solusi agar kejadian sama tidak terulang.

"Dinas PUPR dan DPKP, harus memastikan pengerjaan drainase di seluruh Cimahi benar-benar berkualitas dan aman," ujar dia.


Editor : Agus Warsudi