Forum Guru Komentar Keras soal Rencana Sekolah Tatap Muka Dimulai Januari 2021

Arif Budianto ยท Minggu, 20 Desember 2020 - 10:15:00 WIB
Forum Guru Komentar Keras soal Rencana Sekolah Tatap Muka Dimulai Januari 2021
Ilustrasi belajar tatap muka di sekolah. (Foto Antara).

BANDUNG, iNews.id - Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) meminta pemerintah menunda rencana pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) pada Januari 2021. Pasalnya, PTM belum realistis digelar Januari 2021 melihat kasus Covid-19 di Indonesia masih tinggi. 

Ketua FAGI Hermawan mengatakan, pademi Covid-19 masih tinggi, sehingga bila PTM dipaksakan digelar, bisa terjadi penularan virus di antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, dan guru dengan guru. Kondisi ini bisa menimbulkan klaster sekolah yang dibawa dari klaster keluarga. 

"Apalagi remaja dan anak-anak rentan tertular Covid-19. Penularan rentan terjadi saat ruang belajar diramaikan peserta didik. Kesehatan mereka lebih penting dibanding urgensi menjalani kegiatan belajar mengajar di sekolah," kata Iwan, Minggu (20/12/2020).

Apalagi, ujar dia, banyak guru berusia 50 tahun ke atas dan sangat rentan terhadap penularan Covid 19. Belum lagi guru yang memiliki penyakit bawaan. 

Namun karena rasa tanggung jawab dan kepatuhan terhadap pimpinan, mereka akan memaksakan hadir ke sekolah walaupun Covid-19 mengancam jiwanya. "Guru juga ingin menyelesaikan tugas mengajarnya sampai pensiun dan menikmati masa pensiunnya dengan bahagia," ujarnya.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2