FAGI Temukan Masih Ada Oknum Guru Tak Taat Prokes saat PTM di Bandung

Arif Budianto · Senin, 20 September 2021 - 12:44:00 WIB
FAGI Temukan Masih Ada Oknum Guru Tak Taat Prokes saat PTM di Bandung
Siswa di Kota Bandung, melaksanakan PTM di sekolah. (Foto: Arif Budianto)

BANDUNG, iNews.id - Forum Aliansi Guru Indonesia (FAGI) Jawa Barat masih menemukan ada oknum guru yang tidak taat terhadap protokol kesehatan (prokes) saat pembelajaran tatap muka (PTM). Dinas Pendidikan dan instansi terkait lainnya diminta lebih gencar mengawasi siswa, guru, atau para orang tua siswa. 

"Kami menemukan masih ada oknum guru yang tidak taat prokes, dengan membuka masker di kelas. Ini kan menjadi contoh tidak baik bagi para siswa yang sedang gencar digalakkan agar taat prokes," kata Iwan di Bandung, Senin (22/9/2021).

Apalagi, kata dia, oknum guru tersebut mengupload foto tak bermasker itu di media sosial. Akibatnya, banyak masyarakat akan melihat ketidaktaatan guru terhadap pelaksaan PTM. Padahal, PTM yang saat ini baru dimulai, mestinya bisa dijaga agar PTM tetap bisa berjalan. 

Selain persoalan ketidaktaatan prokes, pihaknya juga menemukan masih ada sekolah yang belum bisa secara maksimal mengatur kerumunan saat jam pulang sekolah. Di beberapa sekolah SD masih ditemukan banyak orang tua berkerumun saat jam pulang. 

"Untuk pelanggaran prokes ini, kami telah mengirimkan masukan ke Disdik Bandung dan langsung dilanjutkan dengan memberikan surat edaran ke semua sekolah. Tinggal bagaiamana pelaksaan di lapangan agar dijaga bersama," katanya.

Dia pun meminta agar instansi terkait lebih inten dalam melakukan pengawasan. Sehingga pelaksaan PTM tidak menimbulkan klaster baru.

"Kalau siswa mungkin imunnya masih besar, tapi bagaimana dnegan keluarganya. Ini yang harus dijaga," ucap dia. 

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: